Monday, December 13, 2010

[Hukum-Online] Rothschild: Strategi Kami Jangka Panjang

 

Rothschild perusahaan sejak PD I banyak memberikan pengaruh pada kejadian politik di Eropa...kini anak perusahaannya melakukan investasi jangka panjang di enerji batubara di Indonesia... entah apakah ada kaitannya dengan kunjungan soros beberapa waktu yang lalu... pertanyaannya jika rothschild punya strategi jangka panjang dengan penguasaan saham di perusahaan enerji yg cukup besar  di RI memanfaatkan liberalisasi kapitalis dan globalisasi pasca LOI IMF  ... apakah RI punya strategi jangka panjang semacam GBHN ?
2010 hampir usai... seabad setelah deklarasi MDG dan pergantian abad 21 ?
------
CEO VALLAR PLC
Rothschild: Kami Jangka Panjang
Selasa, 14 Desember 2010 | 04:39 WIB
VALLAR PLC
Nathaniel Rothschild

Oleh Pieter P Gero dan Andi Suruji

Transaksi bernilai puluhan triliunan rupiah terjadi pertengahan November 2010 saat PT Bakrie and Brothers Tbk dan beberapa perusahaan dalam Kelompok Bakrie menandatangani perjanjian jual beli saham dengan Vallar Plc, perusahaan investasi milik keluarga Rothschild, Inggris. 

Transaksi tukar guling ini menjadi isu panas di kalangan investor di Bursa Efek Indonesia (BEI). Bakrie and Brothers melepas 5,2 miliar saham PT Bumi Resources Tbk kepada Vallar dengan total nilai Rp 13 triliun.

Bakrie Brothers melepas semua saham miliknya (25 persen) kepada PT Bumi Resources Tbk kepada Vallar Plc. Tukarannya, Bakrie Brothers menjadi pemilik 90 juta lembar saham Vallar atau ekuivalen 42 persen.

Dalam skema itu, Vallar juga melakukan transaksi dengan Recapital Advisory. Recapital melepas 75 persen kepemilikan sahamnya pada Berau kepada Vallar. Dari transaksi itu, Vallar membayar dengan tunai 35 persen senilai 740 juta dollar AS kepada Recapital dan pembayaran 40 persen lainnya berupa saham baru Vallar.

Setelah transaksi ini, Bakrie Brothers tidak lagi memiliki saham pada Bumi, tetapi menjadi pemegang saham mayoritas (42 persen) dan pengendali Vallar. Kepemilikan Rothschild dan pemegang saham lama Vallar tinggal 36 persen dan Recapital menguasai sekitar 22 persen. Sementara Vallar menjadi pemilik 75 persen saham Berau dan pemilik 25 persen saham Bumi. Jika transaksi ini telah dinyatakan selesai pada sekitar April 2011, Vallar akan berganti nama menjadi Bumi Plc.

Vallar PLC yang didirikan Nathaniel Rothschild dan James Campbell ini dikenal sebagai perusahaan investasi dalam perusahaan pertambangan di seluruh dunia. Kapitalisasi pasar per 12 November 2010 mencapai 1,044 miliar dollar AS atau Rp 9,35 triliun. Bakrie Brothers hanya 546 juta dollar AS. Mengapa Vallar PLC mau berubah menjadi Bumi PLC? Apakah ini investasi sesaat?

Nathaniel (39) menjelaskan semua ini dalam wawancara di Jakarta, Senin (13/12). Berikut petikannya:

Mengapa Anda memilih Kelompok Bakrie?

Kami adalah perusahaan investasi dalam sektor pertambangan dan sudah berpengalaman dalam 10 tahun tahun ini. Karena itu, kami berupaya berinvestasi miliaran dollar AS pada perusahaan bluechip di mana saja, terutama di pertambangan dan metal. Soalnya mitra saya, James Campbell, berpengalaman di metal. Kami melihat peluang dan berunding dengan Kelompok Bakrie. Saya merasa perlu bermitra dengan mereka karena mereka pengusaha, dinamis, dan berpengalaman. Saya berunding dengan Indra

yang berlatar belakang pendidikan Barat dan kami cocok.

Yang juga penting bahwa ada aset berupa batu bara dengan kualitas yang bagus. Juga dekat dengan pelabuhan, dekat dengan pasar, yakni China. Indonesia hanya beberapa ribu kilometer dari China, sementara Kolombia terlalu jauh dari China. Harga batu bara juga murah, hanya 40 dollar AS (per kg), sementara di sana 60 dollar AS. Kualitasnya relatif sama.

Di banyak negara yang tumbuh (emerging market), ada upaya menarik modal. Banyak investor mencoba datang. Bumi juga demikian dan kami menawarkan miliaran dollar AS. Sebagai perusahaan publik, kami bisa mengetahui soal Bumi dan melakukan pembelian. Kami merasa ini pembelian yang saling menguntungkan dan saya senang ikut berinvestasi dalam sektor pertambangan batu bara di Indonesia. Kami bisa ikut dalam membangun perusahaan di Indonesia.

Dengan menggandeng Bakrie, kami juga bisa menjadikan Bumi sebagai salah perusahaan internasional karena Bumi Plc nantinya akan tercatat di Bursa Saham London.

Bakrie menguasai perusahaan Bumi Plc ini?

Bakrie akan mengusai saham Bumi Plc (sekitar 43 persen). Namun, ada juga pemegang saham independen. Karenanya, Bakrie akan mengambil alih kendali sepenuhnya di Bumi Plc. Namun, Bumi Plc harus dijalankan sesuai aturan perusahaan terbuka, juga aturan pasar di Inggris. Dengan perusahaan blue chip, jelas sudah punya standar yang blue chip. Kami akan bawa perusahaan ini jadi perusahaan top internasional, punya jaringan global.

Berapa lama Anda berunding dengan keluarga Bakrie?

Kurang dari dua bulan. Intinya pada Oktober dan November. Mengapa cepat? Karena Berau dan Bumi adalah perusahaan terbuka, laporan finansial mereka sangat transparan, semua informasi tersedia, jadi sangat muda melakukan transaksi.

Dengan investasi di Bumi, muncul pertanyaan apakah investasi Vallar ini ini jangka panjang, menengah, atau pendek?

Pertanyaan bagus. Kami perusahaan investasi besar dengan rekam jejak bagus. Karena itu, kami terlibat dalam mitra dengan Bakrie ini untuk jangka panjang. Saya memastikan dalam kerja sama ini untuk jangka waktu panjang dan bertekad memperoleh hasil yang besar. Jadi, jaminan untuk pemegang saham yang sudah ada, yang masuk ke Bumi Plc dan yang investor pada perusahaan yang di atasnya. Jadi, saya 100 persen fokus pada kerja sama ini.

Mengapa Vallar bersedia menggantikan namanya?

Sebagai perusahaan yang masuk dalam jaringan global, nama Bumi Plc juga cukup bagus dan dikenal sebagai perusahaan pertambangan batu bara. Kami akan mengadakan rapat pemegang saham luar biasa membahas perubahan nama ini. Tidak ada masalah soal ini.

Perusahaan tambang selalu rentan dengan isu lingkungan?

Saya sangat prihatin dengan isu lingkungan dan ini menjadi perhatian saya sejak lama. Karenanya kami berupaya menciptakan batu bara yang bersih. Negara seperti Indonesia dan juga Inggris harus mengatasi masalah lingkungan ini bukan saja minggu ini, tahun depan, atau sepuluh tahun mendatang. Berkaitan dengan penggunaan batu bara ini, kami tetap mengupayakan batu bara yang bersih, dan kami seperti juga di Indonesia dan banyak negara lainnya akan terus bertanggung jawab untuk menjaga lingkungan.

Apakah ada rencana lebih besar lagi di Kalimantan?

Fokus saya saat ini hanya untuk pertambangan. Pertama, fokus pada transaksi yang ada. Kedua, konsolidasi aset. Fokus bagaimana restrukturisasi organisasi. Soal yang lainnya belum.


---
ref: http://www.micronics.info http://www.java-cafe.net http://www.apwkomitel.org http://www.facebook.com/people/Rudi-Rusdiah/651699209
---

__._,_.___
Recent Activity:
SARANA MENCARI SOLUSI KEADILAN HUKUM DI INDONESIA
Mailing List Hukum Online adalah wadah untuk saling bertukar pikiran dan berkonsultasi untuk saling membantu sesama. Isi diluar tanggung jawab Moderator.

Sarana berdiskusi dengan santun, beretika dan bertanggung-jawab serta saling menghargai dan tidak menyerang hasil pemikiran orang / pendapat orang lain.

Salam Hukum Online
MARKETPLACE

Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Be a homeroom hero! Help Yahoo! donate up to $350K to classrooms!

.

__,_._,___

No comments:

Google