Tuesday, December 14, 2010

[Hukum-Online] Keraton Yogya Tegaskan Tak Mobilisasi Massa Dukung Penetapan Gubernur

 

Keraton Yogya Tegaskan Tak Mobilisasi Massa Dukung Penetapan Gubernur
Nurvita Indarini - detikNews
 
Aksi Warga Yogyakarta Dukung Penetapan
Jakarta - Puluhan ribu warga Yogykarta kemarin menghadiri sidang paripurna DPRD Provinsi DIY. Mereka menegaskan sikap mendukung penetapan sultan sebagai gubernur. Pihak Keraton mengklaim hal itu dilakukan warga secara sukarela.

"Pemda maupun Keraton tidak memobilisasi massa. Mereka spontan saja dan mengkoordinir diri sendiri," ujar Pengageng Pepas Dwara Pura (Humas) Keraton Ngayogyakarta KRT H Jatiningrat dalam perbincangan dengan detikcom, Selasa (14/12/2010).

Keinginan agar Gubernur dan Wakil Gubernur DIY ditetapkan dan bukan melalui mekanisme pemilihan, menurut dia, telah sampai hingga level desa. Hal itu terlihat dari pernyataan kepala desa yang tidak mau melayani pemilihan alias memboikot bila mekanisme pemilihan gubernur diberlakukan.

"Soal sidang paripurna DPRD itu mungkin disampaikan dari mulut ke mulut, mulut ke telinga sehingga berbondong-bondong datang untuk menghadiri sidang," sambung Jatiningrat.

Para pedagang di Malioboro, lanjutnya, banyak yang memilih menutup dagangannya pada Senin kemarin dan memilih menghadiri sidang. Bahkan beberapa pedagang dengan sukarela menyediakan konsumsi untuk warga yang hadir.

"Ada yang menyediakan jenang sum-sum, ada yang menyediakan air. Itu semua warga, nggak ada yang perintah. Pemda dan polisi hanya menjaga. Nggak ada kerusuhan to? Itu ciri Yogya yang santun dan punya unggah-ungguh," terang Jatiningrat.

Dalam sidang paripurna DPRD Yogya, sambungnya, hanya satu fraksi yang tidak menyetujui mekanisme gubernur melalui penetapan. Jika UU Keistimewaan DIY nantinya tidak mengakomodir hal itu, artinya pemerintah telah mengabaikan suara rakyat, keraton dan pemda DIY.

(vit/ken)

__._,_.___
Recent Activity:
SARANA MENCARI SOLUSI KEADILAN HUKUM DI INDONESIA
Mailing List Hukum Online adalah wadah untuk saling bertukar pikiran dan berkonsultasi untuk saling membantu sesama. Isi diluar tanggung jawab Moderator.

Sarana berdiskusi dengan santun, beretika dan bertanggung-jawab serta saling menghargai dan tidak menyerang hasil pemikiran orang / pendapat orang lain.

Salam Hukum Online
MARKETPLACE

Be a homeroom hero! Help Yahoo! donate up to $350K to classrooms!


Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.


Get great advice about dogs and cats. Visit the Dog & Cat Answers Center.

.

__,_._,___

No comments:

Google