Tuesday, January 11, 2011

Re: [Hukum-Online] Onno: Percuma Ada Server BlackBerry di Indonesia

 

Ga ngerti soalnya, pakar photoshop baru mau bicara kalo ada gambar hot ;)

Powered by Telkomsel BlackBerry®


From: rully anthony <betawe@gmail.com>
Sender: Hukum-Online@yahoogroups.com
Date: Wed, 12 Jan 2011 07:49:25 +0700
To: <Hukum-Online@yahoogroups.com>
ReplyTo: Hukum-Online@yahoogroups.com
Subject: Re: [Hukum-Online] Onno: Percuma Ada Server BlackBerry di Indonesia

 

pakar telematika sudah bicara.... mana si pakar RS ? kok diem?? pake BB juga ya?? uppss..

2011/1/11 <hukum.indonesia@gmail.com>
 

Onno: Percuma Ada Server BlackBerry di Indonesia
Rachmatunisa - detikinet



(Ist)
Jakarta - Selain menuntut sensor internet di BlackBerry, Kementerian Kominfo juga meminta Research In Motion (RIM) agar membangun server atau repeater-nya di Indonesia. Tujuannya, selain  memudahkan penyidikan kasus kejahatan, juga untuk menurunkan biaya langganan BlackBerry.

Praktisi teknologi Onno Widodo Purbo berpendapat, dalam dunia komputer dan internet, lokasi server menjadi tidak begitu penting. Yang lebih utama menurutnya adalah memiliki hak akses penuh untuk masuk ke server. 

"Jika server-nya ada di Indonesia tapi kita tidak diberi password untuk mengaksesnya, ya sama saja bohong. Kalau kita punya password, meskipun server ada di Kanada sana, kita tetap bisa akses," terangnya ketika dihubungi detikINET, Selasa (11/01/2011).  

Lebih penting lagi, masih kata dia, kunci akses tersebut bisa dimanfaatkan untuk kepentingan penegakan hukum di Indonesia. Misalnya untuk penyelidikan dari kepolisian.  

"Lagipula, sebagian besar pengguna pakai Yahoo atau Gmail. Aneh kalau RIM harus pindahkan server ke sini. Kenapa tidak Yahoo, Gmail disuruh pindah sekalian," ujarnya.
 
Onno juga tidak sependapat jika keberadaan server RIM di Indonesia akan berdampak pada penurunan tarif layanan yang membuat BlackBerry jadi lebih murah.

"Tidak ada pengaruhnya, meski server RIM di Indonesia tapi sebagian besar pengguna kan mengakses situs-situs luar seperti Yahoo, Gmail. Jadi tetap saja kena trafik internasional," terangnya.
 
( rns / rou )


__._,_.___
Recent Activity:
SARANA MENCARI SOLUSI KEADILAN HUKUM DI INDONESIA
Mailing List Hukum Online adalah wadah untuk saling bertukar pikiran dan berkonsultasi untuk saling membantu sesama. Isi diluar tanggung jawab Moderator.

Sarana berdiskusi dengan santun, beretika dan bertanggung-jawab serta saling menghargai dan tidak menyerang hasil pemikiran orang / pendapat orang lain.

Salam Hukum Online
.

__,_._,___

No comments:

Google