Saturday, January 15, 2011

[Hukum-Online] Petani Sawit Jambi Ditembaki Brimob, Enam Terkapar

 

Petani Sawit Jambi Ditembaki Brimob, Enam Terkapar
 
Aparat kepolisian Sarolangun, Jambi menembaki para petani sawit yang tengah memanen hasil kebunnya, Sabtu (15/1/2011). Insiden itu mengakibatkan enam petani tertembak dan tujuh lainnya ditahan.
 
SEBUAH insiden berdarah terjadi di Desa Karang Mendapo, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun, Jambi, Sabtu (15/1/2011) pagi. Aparat kepolisian dari Polsek Sarolangun, Jambi tiba-tiba mengepung para petani yang sedang memanen kelapa sawit di lahannya sendiri.
 
Akibatnya, enam petani plasma tertembak dan tujuh lainnya ditahan. Padahal menurut pengakuan para petani setempat, mereka memanen hasil sawit di lahan mereka sendiri yang difungsikan sebagai kebun plasma dengan PT Kresna Duta Abadi.
 
Informasi yang berkembang di daerah tersebut, ketegangan antara aparat kepolisian dan para petani setempat sudah terjadi sejak sepekan terakhir ini.
 
Ketika para petani memanen sawitnya, tiba-tiba dikepung aparat kepolisian. Bahkan buah sawit hasil panenan mereka pun disita.
 
Menurut Sujawan, petani setempat, pada Sabtu (15/1/2011) pagi sekitar pukul 10.00 WIB, sejumlah petani sedang memanen sawit. Beberapa petani yang selesai memanen berniat membawa hasil panenannya ke rumah mereka. Tapi tiba-tiba dihadang aparat Brimob Polda Jambi.
 
Mendapat perlakuan itu, para petani berusaha melakukan perlawanan. Namun, polisi  yang menyandang senjata langsung melepaskan tembakan. Peluru yang melesat dari moncong pistol polisi mengenai enam petani. Petani lainnya yang selamat dari peluru panas segera menolong temannya yang menjadi korban untuk dilarikan ke Kota Jambi agar segera diberikan pengobatan.
 
Sedangkan tujuh petani lainnya ditahan aparat. "Kami tidak mengerti, kok para petani yang memanen sawit di lahannya sendiri, malah ditembaki aparat. Ini ada apa. Aparat itu sebenarnya suruhan siapa," tutur Rusdi Karmen, Kepala Desa Karang Mendapo.
 
Rusdi juga minta kepada Polda Jambi agar segera mengusut kejadian tersebut. Karena setahunya, lahan sawit yang digarap petani di sana merupakan lahan milik warga yang difungsikan sebagai plasma dan dikerjasamakan dengan PT Kresna Duta Abadi.
 
■ Hurri Rouf

__._,_.___
Recent Activity:
SARANA MENCARI SOLUSI KEADILAN HUKUM DI INDONESIA
Mailing List Hukum Online adalah wadah untuk saling bertukar pikiran dan berkonsultasi untuk saling membantu sesama. Isi diluar tanggung jawab Moderator.

Sarana berdiskusi dengan santun, beretika dan bertanggung-jawab serta saling menghargai dan tidak menyerang hasil pemikiran orang / pendapat orang lain.

Salam Hukum Online
.

__,_._,___

No comments:

Google