Wednesday, July 30, 2008

Re: [Hukum-Online] Akhirnya aku tahu sumber KKN

Saya komentar sedikit....
Saya kurang setuju disebutkan asas kekeluargaan ini dijadikan kambing hitam. Saya malah berharap asas kekeluargaan lebih diperbesar lagi.

Yang ingin saya jadikan kambing hitam adalah "kurangnya rasa keadilan". Orang-orang yang kurang rasa adilnya ini justru memanfaatkan kekeluargaan agar lepas dari keadilan. Orang yang adil dan mau "BERTANGGUNG JAWAB" akan berupaya menyelesaikan segala hal dengan kekeluargaan (kemampuan saya begini, kerugian anda begitu...  nego lah... dimana kedua-dua pihak tidak terlalu rugi atau jangan sampai keduanya rugi besar).

Hukum mulai berlaku ketika 2 pihak tidak mampu menyelesaikan perkara, yakni ketika satu pihak sangat sakit hati, sangat tamak, sangat ingin menghancurkan satu pihak. Setelah terjadi "accident" satu pihak dirugikan dan berupaya menghancurkan pihak yang telah mengakibatkan accident tersebut. Makanya diundanglah pihak independen (hakim atau juri) untuk menentukan titik tengahnya. Masyarakat amerika lebih ingin menyelesaikan segala masalah di ruang sidang (entah kenapa?). Mungkin karena kedua pihak merasa benar, kedua pihak tidak mau bertoleransi, kedua pihak tidak memiliki rasa keadilan dll.

Yang susahnya karena penerapan asas kekeluargaan yang benar harus didasari kedua belah pihak yang memiliki rasa keadilan yang sama. Masyarakat indonesia banyak yang kurang jelas yang namanya adil itu apa. Maka mulailah beralih pada aturan-aturan kaku yang sering kali tidak adil (Ke-TIDAK-ADILAN hukum).

Proklamator Soekarno Hatta tau bahwa aturan-aturan (rules) tidak akan pernah memberikan hasil keadilan (karena kaku dan tidak banyak memperhitungkan sikon). Akibatnya diserahkanlah pada hakim. Sayangnya banyak juga hakim tidak tau keadilan itu apa atau sudah dilatih sejak awal untuk hanya patuh pada aturan hukum saja.

Hanya manusia yang memiliki rasa keadilan. Rasa keadilan bisa diasah dan distandarisasi dengan pendidikan, dan pengenalan kasus-kasus, sikon, dll. Perlu wawasan yang luas. Susah....  ...






Paham kekeluargaan ini selain sebagai sumber KKN juga sumber ketimpangan keadilan dalam masyarakat; dengan sistem kekeluargaan ini hukum negara bisa tidak berlaku sama sekali.



Not happy with your email address?
Get the one you really want - millions of new email addresses available now at Yahoo!

__._,_.___
---------- [ Hukum-Online-subscribe@yahoogroups.com ] --------->
       SARANA MENCARI SOLUSI KEADILAN HUKUM DI INDONESIA
Mailing List Hukum Online adalah wadah untuk saling bertukar pikiran dan berkonsultasi untuk saling membantu sesama. Isi diluar tanggung jawab Moderator.

Notes :
Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun masyarakat Indonesia yang Sadar akan Hukum serta membantu program Corporate Social Responsibility (CSR), maka Milis Hukum Online mencari pembicara yang memiliki kompetensi di bidang Hukum. Tujuannya adalah mencerdaskan & membuat bangsa Indonesia sadar akan Hukum melalui kegiatan/aktivitas yang terjangkau masyarakat.

Apabila anda berminat, kirimkan CV anda ke : hukum.online@yahoo.co.id disertai dengan spesialisasi keahlian anda.
Kami tunggu kabar baik dari rekan-rekan.

Salam
Hukum Online

==================================================
Search Engine Terpopuler Anak Bangsa
http://djitu.com
Gunakan Untuk Kepentingan Anda
==================================================
Health & Spiritual
http://healthconsultancy.blogspot.com/
http://light-energy.blogspot.com/
http://spiritualisindonesia.blogspot.com/
http://healingmedication.blogspot.com/
==================================================
Hobby & Fun
http://dragonfish-arowana.blogspot.com/
http://goldfish-world.blogspot.com/
http://cat-owner.blogspot.com/
http://homeperfumes.blogspot.com/
==================================================
Compensation & Benefit
http://compensationbenefithandbook.blogspot.com/
http://salarysurvey-indonesia.blogspot.com/
Informatif & Bermanfaat bagi HRD
-----------------------------------------------


Pasang iklan bisnis anda di :
http://www.SentraBisnis.com/
Pusat Iklan baris & Bisnis Populer Indonesia
GRATIS !! GRATIS !!
Recent Activity
Visit Your Group
Need traffic?

Drive customers

With search ads

on Yahoo!

Y! Messenger

Send pics quick

Share photos while

you IM friends.

10 Day Club

on Yahoo! Groups

Share the benefits

of a high fiber diet.

.

__,_._,___

No comments:

Google