Wednesday, January 5, 2011

Re: [Hukum-Online] Ruhut: SBY Berkelas Dunia, Wajar Pidato Gunakan Bahasa Inggris

Setuju sih. Yang bagusnya emang pake dua bahasa, ulang pidato 2 kali kalo mau.

Tapi kadang2 Presiden bisa juga jadi katalis untuk something. Barangkali saja sedang mengajak bangsa Indonesia untuk lebih 'memasyarakatkan penggunaan bahasa inggris'..  Tapi supaya gak dibilang meniru Maleeshiya yang penduduknya jago bahasa ingris...  terpaksa memakai cara ini....? 

Mungkin gak sih?   he he he... 

--- On Tue, 4/1/11, DR. WIRANTAPRAWIRA <wrw@gmx.net> wrote:

From: DR. WIRANTAPRAWIRA <wrw@gmx.net>
Subject: Re: [Hukum-Online] Ruhut: SBY Berkelas Dunia, Wajar Pidato Gunakan Bahasa Inggris
To: Hukum-Online@yahoogroups.com
Date: Tuesday, 4 January, 2011, 8:58

 

Click Me!
Pemimpin negara berkaliber Internasional memang harus bisa/menguasai berbagai bahasa asing, terutama bahasa kerja di PBB dan organisasi Internasional lainnya, misalnya Inggris, Perancis, Russia, China dan Jerman. Tetapi hanya dipergunakan, bilamana berbicara di Forum Internasional saja. Pemimpin negara yang NASIONALIS, meski menguasai bahasa tsb. dalam menjalankan diplomasi antar negara, mereka tetap saja mempergunakan bahasanya sendiri, lebih-lebih bilamana berbicara di Forum nasional di negeri sendiri.
 
Apakah SBY = Orang Nasionalis ??????? 
 
 
 
 
-------Original Message-------
 
Date: 04.01.2011 09:04:52
Subject: Re: [Hukum-Online] Ruhut: SBY Berkelas Dunia, Wajar Pidato Gunakan Bahasa Inggris
 
 

Harusnya bangga dong pnya kepala negara bs berbahasa internasional...daripada nganguk2 aja kl dengerin orang pidato..namanya aja politisi,tikus ngumpet di selokan aja jg dipolitisir..

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!


From: <hukum.indonesia@gmail.com>
Sender: Hukum-Online@yahoogroups.com
Date: Tue, 4 Jan 2011 14:39:17 +0700
To: <Hukum-Online@yahoogroups.com>
ReplyTo: Hukum-Online@yahoogroups.com
Subject: [Hukum-Online] Ruhut: SBY Berkelas Dunia, Wajar Pidato Gunakan Bahasa Inggris

 

Ruhut: SBY Berkelas Dunia, Wajar Pidato Gunakan Bahasa Inggris
Elvan Dany Sutrisno - detikNews
 
 
Jakarta - Jubir Partai Demokrat (PD) Ruhut Sitompul meminta semua pihak tidak mengkritisi pidato Presiden SBY di BEI yang lebih banyak menggunakan bahasa Inggris. Menurut Ruhut, SBY telah menunjukkan sebagai Presiden berkelas dunia.

"Presiden SBY itu seharusnya kita bangga karena berkelas dunia. Pak SBY ini kan ngomong di forum bursa efek kan forum keuangan masalah internasional jadi sudah tepat karena berbicara istilah keuangan itu menggunakan bahasa Inggris," ujar Ruhut kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (4/1/2011).

Ruhut kemudian meminta semua pihak untuk tidak selalu mencari kesalahan Presiden SBY. Apalagi mempermasalahkan pidato Presiden SBY yang menurut Ruhut sudah sangat tepat tersebut.

"Saya mohon janganlah apa yang dilakukan Presiden SBY itu seolah selalu salah," pintanya.

Ruhut bahkan meminta para politisi yang telah mengkritisi pidato Presiden SBY tersebut menarik kembali kritiknya terhadap pidato Presiden SBY.

"Yang mengkritisi saya minta kembali ke jalan yang benar, jangan mengkritisi yang tidak tepat, apa pun Pak SBY itu adalah simbol negara," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan dalam kesempatan tersebut tak kurang Presiden SBY menggunakan istilah dalam bahasa Inggris sebanyak 24 kali dalam 30 menit pertama dia pidato. Kebanyakan, istilah Inggris yang digunakan oleh SBY sebelumnya diikuti dengan arti dalam bahasa Indonesia.

Mengawali pidatonya, Presiden mengatakan "Dalam melakukan evaluasi, kita harus merujuk pada parameter dan ukuran yang jelas. Correct measurement," sambut SBY di hadapan pelaku bursa di BEI, Senin (3/1/2011).

"Pemulihan ekonomi untuk menjaga kesejahteraan rakyat, atau dengan bahasa bebas saya katakan minimizing the impact of the global economic crisis," demikian salah satu petikan istilah Inggris yang disampaikan SBY.

SBY dalam sambutannya, bangga perekonomian Indonesia di tahun 2010 ini mencapai 6 persen lebih. Tak lupa, ungkapan ini juga dia sampaikan dalam bahasa Inggris. "Insya Allah tahun 2010 ini kita bisa mencapai enam persen, close to six percent," kata SBY.

(van/rdf)

 
Tierisch gut! KOSTENLOSE E-Mail-Animationen – von IncrediMail! Hier Klicken!


No comments:

Google